Minggu, 05 April 2015

HIMMAH HPAI (Halal, Islami,Manfaat, Murah, Alami, Holistik)



HIMMAH merupakan sebuah konsep smart healing yang mengacu kepada pola hidup sehat sesuai petunjuk Rasulullah Saw. Paradigma baru dalam memlihara kesehatan dan mengobati penyakit secara Islami ini menggunakan cara dan obat yang Halal. Selain itu, mengutamakan pengobatan Islami, Murah biayanya, bahan dan cara yang dipakai terbukti Manfaatnya, Aman dalam penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang sesuai pengalaman masyarakat dan ahli pengobatan, serta penanganan dilakukan secara Holistik yang memperhatikan penyehatan fisik, jiwa, social dan spiritual. Dengan kata lain, manhaj smart healing adalah Halal, Islami, Manfaat, Murah, Aman dan Holistik.

Kebanyakan masyarakat kita hanya berobat jika menderita penyakit fisik. Ada pun penyakit jiwa hanya dipahami jika telah termanifestasikan dalam bentuk gangguan kesehatan yang kasat mata. Padahal tidak sedikit orang yang menderita gangguan jiwa, tetapi tidak menyadarinya sehingga tidak segera berobat.
Ada pun penyakit sosial lebih sulit dikenali sehingga yang merasakan gejalanya adalah orang-orang yang berada disekitarnya. Tingkat kesulitan tertinggi adalah mengenali penyakit spiritual. Penyakit spiritual sering kali tidak diketahui oleh siapa pun, termasuk penderitanya sendiri. Untuk mengenalnya, dibutuhkan perenungan mendalam, bahkan terkadang membutuhkan bimbingan dari guru (ustad).

Halal, dalam syariah islam, meliputi kehalalan substansi, cara mengolah, dan cara mendapatkannya. Domaian kehalalan suatu produk adalah domaian para ulama. Oleh karena itu, cara meyakini kehalalan suatu produk adalah dengan:
  • Memiliki sertifikat halal
  • Melihat dan memperlihatkan sumbernya
  • Mengetahui kandungan obat tersebut
Islami, yaitu mendahulukan tradisi yang diajarkan Rasulullah Saw, lalu anjuran tabib Islam, pakar kesehatan yang diyakini tsiqat, kemudian para dokter Islam, barulah yang lainnya secara riil, prinsip pengobatan ini adalah sebagai berikut:
  • Memulainya dengan cara alami dan yang ada dalam sejarah para salaf 
  • Menggunakan bahan alami
  • Jika terpaksa, dapat menggunakan bahan kimia dengan pegawasan dokter. Namun, hanya dalam waktu terbatas dan tidak dijadikan kebiasaan 
  • Metode yang dipakai tidak menggunakan kekuatan sihir atau bantuan jin. 
  • Metode pengobatan yang diterapkan oleh terapis bisa dipelajari dengan akal sehat 
  • Jauh dari hal-hal yang bersifat tahayul dan khurafat
  • Keberhasilannya bisa diulang oleh mereka yang menjalankan cara yang sama, tidak bergantung pada satu figur


Manfaat, yaitu metode yang dilakukan harus memberi manfaat secara jelas bagi penyembuhan ataupun kesehatan manusia dan memiliki jejak rekam. Jejak manfaat tersebut bisa diperoleh dari keputakaan atau pengobatan yang diteliti. Manfaat itu juga tidak meloncat jauh dari buku teks, kecuali merupakan temuan baru yang diyakini bersama oleh beberapa ahli pengobatan tradisional. Semua temuan tentang manfaatnya direkam dalam catatan kesehatan pasien.

Murah, berarti metode yang diterapkan tidak eksklusif dan memiliki variasi ekonomis sehingga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Aman, yaitu metode yang digunakan harus aman, tidak menimbulkan efek samping dalam penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang, dan tidak menyebabkan kecacatan. Keamanan obat bisa diketahui dari buku-buku yang dibuat oleh para ahli pengobatan tradisional maupun pengalaman para terapis yang telah disepakati bersama oleh beberapa terapis.

Holistik, yaitu proses pengobatan dilaksanakan secara terpadu yang meliputi pengobatan fisik, jiwa, social dan spiritual. Hal ini disebabkan keempat aspek tersebut sangat menentukan kesehatan seseorang. Pengobatan holistik meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
  • Memperhatikan dan mencatat masalah penyakit pasien secara lengkap 
  • Memahami penyebab sakit 
  • Mengobati penyakit dari penyebabnya, alih-alih gejalanya 
  • Memonitor hasil pengobatan 
  • Mencegah terulangnya sakit
(disajikan dalam buku pintar sehat islami oleh dr. Mohammad Ali Toha Assegaf)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar